/ life

#HariPatahHatiNasional

Jadi gimana rasanya ketika kalian melihat foto dan captionnya @raisa6690 seperti di bawah ini kemarin?

cukup ikut merasakan yang namanya patah hatikah? ikut sakit? hehehe...
Menurutmu, kamu siapanya Hamish? Mantan pacar? Siapanya Raisa? kok emosi, mbak bijeee...

Pertunangan Hamish dan Raisa merupakan berita bahagia, dimana akhirnya sepasang pria dan perempuan memutuskan untuk melangkah ke dunia baru, saling mengikat dengan atas nama cinta. Namun hebatnya netizen Indonesia ini memang kreatifnya tiada tara, memviralkan [hashtag]haripatahhatinasional di media-media sosial. Semua baper!

Ah netizen.

Pada hari yang sama yaitu tanggal 22 Mei 2017, ada berita mengenai Veronica Tan mencabut permohonan banding untuk Pak Ahok. Saya membaca berita ini kemarin dan menangkap beberapa alasan bahwa keluarga dan Pak Ahok sendiri enggan "menambah keributan" dengan adanya demo-demo, mungkin terutama setiap ada sidang pasti ada orang kumpul-kumpul lah ya itu. Nah, dari sini saya mikir, yah Pak.......kok ngenes ya rasanya. Mulai sedikit perih ini hati (dan mumet) baca berita cabut banding.

Saya sebenarnya bukan pengamat politik atau sosial yang mampu memberikan pendapat berbobot, tapi kejadian pada tanggal 23 Mei 2017 ini yang diberitakan hampir seluruh media membuat saya ingin rasanya mengungkapkan rasa di dada. Ya, saya mengalami patah hati membaca surat dan melihat Ibu Veronica Tan membacakan surat Pak Basuki mengenai alasan cabut banding ini. Untuk suratnya Pak Ahok telah dipublikasikan di seluruh akun media sosial beliau, yang akhirnya sudah dipegang oleh tim.

Rumah tahanan Depok, . Minggu, 21 Mei 2017 . Kepada para relawan dan pendukung Ahok yang saya cintai, semua mereka yang menjalani proses demokrasi di mana pun berada. . Saya telah banyak berpikir tentang kejadian yang saya alami. . Saya mau berterima kasih kepada saudara-saudara yang mendukung saya dalam bentuk doa, kiriman bunga, makanan, kartu ucapan, surat, buku-buku dan bahkan dengan berkumpul menyalakan lilin. . Saya tahu tidak mudah bagi saudara menerima kenyataan seperti ini, apalagi saya. Tetapi saya telah belajar mengampuni dan menerima semua ini jika untuk kebaikan berbangsa dan bernegara. . Alangkah ruginya warga DKI dari sisi kemacetan dan kerugian ekonomi akibat ada unjuk rasa yang mengganggu lalu lintas. . Tidaklah tepat saling unjuk rasa dan demo dalam proses yang saya alami saat ini. Saya khawatir banyak pihak akan menunggangi jika para relawan unjuk rasa. Apalagi benturan dengan pihak lawan yang tidak suka dengan perjuangan kita. . Terima kasih untuk unjuk rasa yang taat aturan dan menyalakan lilin perjuangan konstitusi ditegakkan di NKRI dengan Pancasila, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika. . Mari kita tunjukkan bahwa Tuhan tetap berdaulat dan memegang kendali sejarah setiap bangsa. . Kita tunjukan bahwa kita adalah orang yang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, pasti mengasihi sesama manusia, pasti menegakkan kebenaran dan keadilan bagi sesama manusia. . Gusti Ora Sare, put your hope in the lord, now and always. (Mazmur 131 ayat 3) . Kalau dalam iman saya, saya katakan: the Lord will work out his plans for my life. (Mazmur 138 ayat 8).. . ^admin @timbtp

A post shared by Ahok BasukiTPurnama (@basukibtp) on

Gusti ora sare, bahasa lebih enaknya Gusti mboten sare :')

Surat tersebut yang kemudian dibacakan oleh Ibu Veronica Tan dengan isak tangis. Betapa tidak, suaminya yang ia cintai ia relakan mendekam di penjara. Dengan tegar Ibu Vero menjalankan dan menghadapi apa yang sudah menjadi keputusan pengadilan, keputusan Pak Ahok sendiri juga yang rela. Pencabutan permohonan banding Pak Ahok dan isak tangis Ibu Vero ini seharusnya yang diviralkan menjadi haripatahhatinasional.

Pak Ahok yang sudah mengabdikan tenaga, pikiran, dan waktu untuk Jakarta dan negara pun akhirnya menerima hukuman 2 tahun penjara. Sosok yang membuat trotoar di Jakarta menjadi lebih nyaman untuk pejalan kaki ini, ternyata harus merasakan penjara bersama kriminal-kriminal lainnya. Saya dan segelintir penduduk Indonesia pun pasti merasa perih dengan kerelaan beliau. Kerelaan dan sikap mengakui kesalahannya. Menghindari keributan yang berkepanjangan, apalagi sebentar lagi akan memasuki bulan puasa ya.

Kalau Hamish dan Raisa membuatmu patah hati dengan kebahagiaannya, bagaimana ketika melihat Ibu Vero yang masih berusaha tegar dengan keadaan ini? Belum bisa membuat patah hatikah? Patah hati yang berbeda sih ya sebenarnya. Cinta Ibu Vero ke Pak Ahok terlihat nyata, kesetiaannya sebenarnya pun sedang diuji. Ketulusannya sungguh-sungguh untuk mendampingi dan terus mendoakan. Rindu sudah pasti. Tapi ketegaran Ibu Vero harus selalu ditunjukkan kepada anak-anaknya. Semoga dua tahun tidak menjadi lama bagi keluarga Bapak Ahok. Semoga dua tahun akan hilang sekejap tidak terasa. Mungkin remisi didapatkan. Mungkin ada keajaiban lainnya yang ternyata memang belum terjadi. Patah hati kami pun akan terobati dan hati (jantung) diselotip lagi, sedikit retak tapi akan terlihat tetap utuh.

Begitulah. Tidak mengerti yang seharusnya merasa patah hati ketika kondisi apa sih. Tapi memang dua hari ini banyak kejadian sedih :
- teror di Manchester - Nicky Hayden meninggal - Zack Snyder mundur dari sutradara Justice League karena salah satu anaknya ada yang meninggal karena bunuh diri jadinya ikut melow.

Apalagi mengetahui Arsenal bukan ada di posisi 4 Premier League... ah itu sih bukan patah hati, remuk jadi butiran pasir kayaknya.

Brigitta Yolanda P. P.

Brigitta Yolanda P. P.

Not so talkative, but I try to write all my talks. Need coffee everyday and crazy about 'senja'. -b.yolanda28@gmail.com-

Read More