/ entertainment

The Very Short Trip - Last Day

Sekarang melanjutkan perjalanan saya di Singapura hari ke-2. Kalau dipikir-pikir memang perjalanan ini tidak seberapa sih ya dibandingkan dengan yang lain, mungkin yang pernah ke US sampe 5x, atau ke Eropa atau yang lebih kece : KELILING INDONESIA!. Tapi seperti maksud tagline blog saya, mungkin tidak spesial, tapi aku akan membuatnya menjadi momen penting dalam hidup saya dan membuatnya abadi dalam tulisan. TSAAHHH!!! *mandi parfum

Hari ke-2 (dan hari terakhir)

Setelah kembali dari Mustafa Center, saya dan teman-teman saya dengan mata kebanyakan zat besi (alias berat), akhirnya tidur. Kebetulan saya memilih tempat tidur yang bunyi kriekk-krieekk jadinya saya pelan-pelan supaya tidak mengganggu kawan lain yang sudah terlelap. Mungkin mereka sedang mimpi karaoke bareng Chris Martin >.<

Tidur saya sempat kebangun-bangun karena jari tengah mendadak bengkak (ga penting). Tapi ada juga teman lain yang pulang duluan, sepertinya jam 4 subuh sudah angkut-angkut koper karena flight jam 7 pagi. Disusul teman selanjutnya pukul 7 pagi yang ada flight jam...lupa. Jadi tidurnya tidak nyenyak. Akhirnya jam 8 mata saya menyala, karena mikir oh men nanti saya ga ada waktu untuk jalan-jalan nih. Masa sekali-kalinya pergi tapi hanya numpang tidur terus. Alhasil saya membuat keributan dengan sok-sok nyalain lampu, ambil handuk, buka koper, buka pintu supaya yang lain kebangun. Kan kece ya idenya. Kalau temen saya baca, ya maapin saya yes.

Akhirnya mandi, packing sekalian untuk balik, catokan, dan jam 10 kami pun check out dan menitipkan koper ke pemilik hostel. They were so nice! Baik banget penjaganya. Jadi kalau mau backpacker ke Singapura ya boleh ke Ark Hostel ini kok. Recommended.

Perjalanan kami adalah akan mencoba bakery dan mencari mural tembok di daerah Tiong Bahru.

Tiong Bahru Bakery

Perjalanan ke sini dengan menggunakan SMRT dari Kallang ke Tiong Bahru. Terus turun, ke arah Tiong Bahru Plaza, terus jalan kaki aja deh coba pake Google Maps buat ke Tiong Bahru Bakery-nya (yes, I'm not helping you!).

Akhirnya kami pun sampai di bakery yang menyediakan roti bule yang wanginya udah sampai jalan sebrang. Pengunjungnya pun mayoritas adalah bule-bule yang sedang breakfast. Saking ramainya ada sistem waiting listnya, jadi kudu sabar ya gaes.
gedungnya ini nih gaes

Karena waktu kami, saya lebih tepatnya, tidak banyak dan jam tangan sudah menunjukkan waktu pkl 10.30 akhirnya kami antri makanan saja dulu ya dan berencana makan sambil jalan cari mural-mural di sekitar situ. Akhirnya kami ber-4 beli 3 croissant (2 almond green tea dan 1 choco), dan 1 lagi semacam sandwich pake roti jenis bun isi sayur dan pork (yang berat ini pilihan saya). Harga untuk croissant adalah $4, untuk pork bun 9$. Air putih gratis!

oh ya akhirnya kami dapat tempat duduk

Rotinya enak banget sih. Almondnya berasa crispnya, isiannya juga padat. Nagih. Untuk pork juga enak banget. Sayur isiannya fresh banget, bun-nya juga empuk enak! Musti coba. Kalau lihat webnya ada cabangnya kok itu. Silakan mampir gaes.

Take a Walk and Take a Pose

Setelah makan kenyang, yang betulan kenyang ini, kami melanjutkan perjalanan ke sekililing untuk mencari tembok dengan mural untuk mendapatkan foto yang instagramable. Maklum ya perempuan-perempuan semua itu aja kerjaannya. Jadi di daerah Tiong Bahru kami menemukan 2 mural yang tersebar. Foto-fotonya sebagai berikut :
lokasinya bisa search ya kakak-kakak sekalian di google.

Kemudian sambil jalan-jalan di trotoar juga sempat selfie dikit-dikit.. sudah pasti, kewajiban.

Destinasi selanjutnya adalah Gardens by the Bay. Katanya ini adalah lokasi foto wajib di Singapura saat ini. Lebih indah memang di malam hari, tapi karena saya harus kembali cepat ya tidak mengapa mampir saja. Padahal sudah jam 12.00 dan kami bingung naik apa, akhirnya nyoba naik bis. Muter-muter sampai ngelewatin Orchard Road, ternyata ujung-ujungnya naik SMRT juga walau sedikit. Sampai di lingkungan Gardens by the Bay, ya kami langsung foto-foto saja. Tapi tidak masuk ke taman-tamannya itu, karena saya harus balik dari lokasi jam 13.15 maksimal dari lokasi. Sesi foto kilat. Asik ya lingkungannya bersih. Ini foto ala-ala kami :
malah ga ada foto view mandatory-nya..

Terima kasih kepada pengarah gaya : Brigita Ratri dan kamera adalah iPhone 7 plus milik Bella Melati. Tanpa mereka mungkin hasil foto akan datar. Selesai foto-foto kami pun pulang, saya berpisah di Bugis untuk melanjutkan ke Kallang dan mengambil koper, serta lanjut ke Changi! Sendiri lagi. hehe

Perjalanan Pulang

Tidak ada kendala dari Kallang ke Changi. Walaupun masih deg-degan ya sist. Saya naik Jet Star ke Pekanbaru dari Terminal 1 (naik sky train dulu, ih menarik banget emang Changi). Kemudian check-in, saya sempat dibentak bapak tua karena saya tidak sengaja nabrak soalnya mau cari jadwal penerbangan. Ih maafin.. :((
Kan bingung yak sendiri.
Tapi akhirnya bisa self check-in dan saya masih punya waktu sekitar 2 jam lagi sampai waktu boarding. Lama kan. Nah yaudah saya cari makanan, akhirnya beli Burger King aja deh yang gampang. Mampir ke taman kaktus. Jalan-jalan dan kemudian dapet gate untuk penerbangan Jet Star. Saya bacanya C-26. Di tiket tidak ada tulisan waiting room/gate berapanya.
Yasudah setelah makan saya ke duduk dekat gate C-26. Mainan handphone, instagram, ngepost konser Coldplay, mainan Boomerang (-__-). Terus sampai jam 16.30 kenapa ga kedengeran suara dipanggil ya. C-26 pun gelap. Terus dengan santainya, ya tetep santai.

16.40, saya menengok ke belakang, ternyata ada pesawat Jet Star tapi gate menuju pesawat udah ditutup. JENG JENG! MY GOD!! HOW STUPID I WAS. Ternyata di gate C-24 :'''( Untung penjaga airportnya masih kasih tau iya itu yang ke Pekanbaru. Tapi mba-mba penjaga gate-nya galak. Lagi panik saya nangkepnya selain ngasih tau kalau koper harus masuk bagasi, tapi harus bongkar juga. Dengan bodohnya lagi dong saya buka tuh koper. Inang...

Ditegesin lagi : "Make it quick, you're the last one! Hurry up, miss!"

Ih udah gemeter badan.. syedi banget. Ternyata masih ada beberapa koper yang belum dimasukkin ke bagasi, jadi masih ada kelonggaran waktu untuk ambil napas di dalam tempat pesawat. Tuhan masih baik sih, membuat saya menengok ke belakang. Kalau gak, saya ketinggalan pesawat. Terus terlunta-lunta sendiri, cantik-cantik hilang di bandara :''(

Well finally, saya sampai di Pekanbaru!!!! Deg-degannya hilang. Dikit.

Saya menunggu di bandara ini sekitar 4 jam. Nunggu di coffee shop sampe bosen, merem-merem di ruang tunggu sampe jelek pokoknya. Akhirnya panggilan menuju Jakarta terdengar dan saya pun kembali ke tanah kelahiran.

Tips dan Trik

Ga ada sih, tapi total saya jalan-jalan di Singapura hanya 3 jam. Tips-nya kalau mau liburan ambil spare waktu yang panjang ya.. Itu aja. Triknya, stay calm aja udah :'')
Gunakan dan manfaatkan Google selama tidak dilarang di suatu negara gaes!

Demikian dan sekian!

Brigitta Yolanda P. P.

Not so talkative, but I try to write all my talks. Need coffee everyday and crazy about 'senja'. -b.yolanda28@gmail.com-