/ review

Top 10 Movies - Part 2 [with bonus]

Sebelumnya saya sudah memberikan top 5 film favorit seumur seperempat abad ini. Ada di postingan berikut. Semacam sudah dari bulan Februari, terus baru saya teruskan di bulan Juli ini. Kenapa jaraknya lama, karena saya bingung yang berkesan dan bisa masuk di 5 besar kedua itu yang mana. Cukup banyak film favorit beberapa akhir ini jika saya pikir, termasuk Silence dan beberapa film yang dibintangi Cumberbatch (sebagai aktor favorit saya, saya pikir kok ternyata tidak masuk juga di 10 besar film kesukaan). Tapi, keputusan ini sudah final, baiklah jika saya menuliskannya secara singkat, berikuttttt :

6. The Dark Knight

what : Batman dan Joker. Heath Ledger. Christopher Nolan. Do I need say more?

why : saya suka Batman mungkin karena trilogi buatan Nolan ini ya. Kelam dan Batman selalu dimusuhi di triloginya Nolan. Batman diceritakan benar-benar sebagai manusia. Selain itu akting Heath Ledger sungguh top sebagai Joker. Ceritanya kompleks dan scoring dari Hans Zimmer bikin tambah hati semakin bergejolak. Pokoknya kalau nonton Batman selalu kepikiran ini Gotham ga pernah damai apa ya?

best moment : Semua yang ada Jokernya... ga ding, yang horor sih ketika Joker menyamar jadi perawat RS di Gotham, terus ngeledakin rumah sakitnya. Emang gila.

quote : Why so serious? - Joker

Joker-TDK

7. Hachi : A Dog's Tale

what: Hachiko, si anjing setia yang nungguin majikannya di stasiun setiap hari hingga 10 tahun lamanya, walaupun majikannya udah meninggal. Based on true story, ya semua sudah tahu pasti sampai ada monumen Hachi di Shibuya itu. Film ini versi Amerikanya, Richard Gere yang main sebagai majikan yang ditungguin oleh Hachi. Becucuran.

why : hampir setengah film nangis terus, kak! pun nonton kedua masih nangis, padahal udah tau ceritanya. Anjingnya pinter akting kayaknya. Mukanya sendu terus. Parah :(

best moment : ga ada yang best, sedih semua... :(( yang best mungkin akting guguknya, apalagi pas jalan nyusurin rel kereta api. :(((

quote : bukan kata-kata bijak sih...tapi....

try.not.to.cry

hachiko

8. Into the Wild

what: Menceritakan perjalanan Christopher McCandless berpetualang menuju Alaska, lokasi impiannya untuk hidup bebas setelah selesai menempuh pendidikan. Berasal dari keluarga kaya, Christopher merasa sudah memenuhi keinginan orangtuanya dengan lulus kuliah, sehingga berencana pergi mencari kehidupan lain tanpa uang berlimpah (ada satu scene sebelum berangkat doi bakar duit). Selama perjalanan menemukan banyak rintangan, teman baru, cinta, dan pesan hidup.

why: Mungkin karena ini based on true story juga kali ya, jadi berasa nyes banget pas nonton. Bisa ya kepikiran untuk jauh dari keluarga, dsb, dsb. Menyuguhkan alam Alaska yang liar dan indah sekaligus. Belajar survival jugak.

best moment: ketika Christopher terjebak di cuaca buruk di dalam magic bus-nya. Mau tembak rusa, tapi ternyata rusanya itu punya keluarga, jadinya ga tega. Stok makanan habis. Dia sebelumnya metik buah berry, karena dikira bisa makan dan dia kelaparan akhirnya dimakanlah. Ternyata buah berrynya itu beracun, malah membuat yang makan semakin kelaparan. Christopher sendiri dapat info berry beracun itu ketika dia sudah menelan buahnya. Dia tahu dia bakal mati perlahan. Starved to death

quote: Happiness [is] only real when shared

atas: film, bawah: asli

9. Catch Me if You Can

what: Cerita tentang Frank Abagnale, penipu sangat ulung yang berhasil menipu lembaga keuangan dengan memalsukan identitas, cek, jati diri, dan sebagainya. Tidak hanya bank, tapi juga FBI sempat tertipu, banyak wanita tertipu karena ketampanannya. Ya iya, ini yang main Leonardo DiCaprio pas masih muda. Kejar-kejaran dengan FBI, bisa jadi terbang gratis ke manapun kau suka dengan mengaku sebagai pilot dan memanfaatkan jatah kursi kosong. Pernah jadi dokter tapi pas jaga malam lihat darah malah mual. Semuanya itu dia lakukan di umur 15 - 21 tahun. Tom Hanks yang jadi FBI nya mukanya sepet banget karena ga berhasil nangkep nih penjahat.

why: Lagi-lagi karena based on true story, jadi berdecak kagum terus mikirin ini orang gila hebat banget semuanya bisa dibikin palsu dan dulu orang bank ketipu sama dia. Luar biasa, ditambah ada kata-kata tambahan di akhir film bahwa Frank ini sekarang jadi konsultan keamanan di Amerika. Cek websitenya ini. Edan toh?

best moment: Cara dia nipu pertama dengan bikin cek buatan sendiri dan bisa loh duitnya cair, ga ketauan palsu itu cek. Walaupun digambarkan di film ini dia pake kedipan mata sih ke customer servicenya. But still, gokil!

quotes: wah, ga ada quotes yang memorable buat saya sih. Tapi filmnya ini oke oce pokoknya.


parah sih ya Leo masih muda bener caqeb

10. Inception

what: Film kedua Nolan di list saya, film kedua Leonardo DiCaprio di list saya. Jadi aktor favorit saya Cumberbatch atau Leo lah ini? Inception ini bercerita tentang mengubah konsep pemikiran seseorang dengan mempengaruhi melalui mimpi. Mimpi itu abstrak kan, maka film ini pun abstrak. Harus nonton dua kali saya baru bisa ngeh. Plot filmnya bisa dilihat di wikipedia, karena pusing saya jelasinnya. Hahahha. Untuk menjalankan misinya, tim ini harus masuk ke 3 level kedalaman mimpi. Tokohnya Leo sendiri punya problem dengan konsep Inception ini, yaitu ketika istrinya malah bunuh diri karena menganggap dia masih berada di dunia mimpi. Ketika masuk ke dalam dunia mimpi tiap orang harus punya totem untuk menandakan apakah dia masih berada di dunia mimpi atau tidak. Endingnya, totem si Leo tidak berhenti, jadi.......

why: Mungkin karena keabstrakannya ini ya membuat Inception ini membekas di otak saya. Saya suka dengan film ini karena setiap kali menonton ulang, pasti ada pikiran baru. Selain itu sangat dimanjakan dengan gedung-gedung yang kebolak balik dan plot yang maju-mundur, flash-back tiba-tiba dibawa entah ke mana. Endingnya juga, gemeshhh.

best moment: Bagian mereka melayang-layang karena waktu sudah habis (atau apa ya saya lupa), ada yang melayang menuju lift dan ada bagian yang terperangkap di mobil yang mau tenggelam. Itu keren sih. Ditambah scoring Hans Zimmer yang uhwaw banget, cocok untuk adegannya. Bisa nih dicoba scoring Hans Zimmer :

quotes:


11. Birdman or (The Unexpected Virtue of Ignorance)

what: Bonus 1 film karena ini film recommended! Tentang mantan aktor layar lebar bernama Riggan. Dua puluh tahun lalu ia terkenal sebagai pemeran superhero terkenal bernama Birdman. Riggan berusaha mengembalikan kepopulerannya dengan menjadi penulis dan aktor pertunjukkan Broadway. Mendapat review kurang baik di awal dan Riggan menjadi semakin gila karena pengaruh inner voicenya sendiri (berasal dari kepribadian Birdman ceritanya), mencoba bunuh diri ketika di panggung saat pertunjukkan. Endingnya, saya kurang mengerti karena tetiba ada Birdman keluar jendela dan anaknya Riggan cuma melihat ke atas dan tersenyum. Kudu nonton lagi kayaknya.

why: Yang membuat spesial film ini adalah selain endingnya yang tidak saya pahami, film ini berlangsung seperti dibuat dengan one single shot. Jadi dari film awal mulai sampai selesai latar waktunya seperti tidak putus-putus. Bahkan akting mereka juga seperti tidak terpotong. Mengalir banget. Keren. Harus coba nonton sendiri untuk merasakan sensasinya. Film ini mendapatkan Oscar juga untuk Best Picture dan awards lainnya. Selain itu film ini seperti menyindir hyped film superhero jaman milenial ini (Marvel dan DC yang bersaingan bikin film). Michael Keaton sendiri, aktor pemeran Riggan, memang pernah menjadi Batman tahun 1989. Sekarang malah jadi supervillain di Spider-man terbaru.

best moment: Scene awal ketika Riggan Thomas melayang di udara ceritanya lagi meditasi menghadap ke luar, pake kolor saja. Absurd sih. Oh ya sama ketika lari-lari di tengah kota cuma pake kolor (lah kenapa begini semua)

quotes :

Riggan: Just find me an actor. A good actor. Give me Woody Harrelson.
Jake: He's doing the next Hunger Games.
Riggan: Michael Fassbender?
Jake: He's doing the prequel to the X-Men prequel.
Riggan: How about Jeremy Renner?
Jake: Who?
Riggan: Jeremy Renner. He was nominated. He was the Hurt Locker guy.
Jake: Oh, okay. He's an Avenger.
Riggan: F - k, they put him in a cape too?

So, that's it! 11 film terfavorit hingga saat ini. Beberapa film seperti seri Star Wars, seri Planet of The Apes, seri Star Trek juga saya suka. Tapi yang masuk list adalah yang pas nonton dan sensasi setelah nonton itu beda. Ajaib. Jadi kalau tertarik dengan list yang saya buat, go find it and watch it! hehe! ENJOY!!!

Brigitta Yolanda P. P.

Brigitta Yolanda P. P.

Not so talkative, but I try to write all my talks. Need coffee everyday and crazy about 'senja'. -b.yolanda28@gmail.com-

Read More